WELCOME

Selasa, 30 Oktober 2012

MACAM DAN TIPE ORGANISASI


Karena organisasi merupakan kumpulan maunsia yang secara sadar ingin mencapai tujuan bersama, maka organisasi bersifat dinamis dan berkembang. jika organisasi tidak berkembang, maka lama kelamaan organisasi tersebut akan mati dan tidak menunjukkan aktivitasnya sama sekali. sebagai alat administrasi dan manajemen, organisasi dapat ditinjau dari dua segi.
a) Organisasi sebagai wadah
sebagai wadah, organisasi memiliki sifat yang relatif tetap dan pola dasar struktur organisasi yang relatif permanen. Namun demikian bukan berarti bahwa organisasi tersebut statis, organisasi harus bersifat dinamis
b) Organisasi sebagai proses interaksi
Sebagai proses, organisasi menyoroti interaksi antara orang-orang di dalamnya. Interaksi ini dapat menimbulkan hubungan formal dan informal.
Tipe-tipe Organisasi
Organisasi lini Di dalam organisasi lini hanya ada satu komando. Setiap anggota hanya menerima perintah dari satu orang dan bertanggung jawab kepada orang itu juga. Organisasi ini biasanya kecil,karyawannya sedikit dan saling mengenal satu sama lain,serta spesialisasinya belum tinggi. 



Organisasi lini dapat di gambarkan sebagai berikut. Dalam Gambar 1, setiap orang tahu dengan jelas dan tegas posisinya.
1.      Organisasi fungsional
      Organisasi fungsional merupakan keblikan organisasi lini. Di dalamnya digunakan ahli-ahli yang berwenang memberi perintah kepada setiap bawahan. Artinya,jika terdapat 3 fungsi spesialis,setiap mandor akan menerima perintah dari 3 atasan. Dengan demikian, para karyawan dituntut untuk mampu di segala bidang fungsional karena harus dapat menjalankan perintah dari berbagai atasan.


1.      Organisasi lini dan staf
       Organisasi ini adalah organisasi lini ditambah ahli-ahli spesialis yang membantu tugas supervisor. Arus perintahnya tetap, seperti organisasi lini. Namun, seorang staf tidak boleh langsung memberikan instruksi kepada pekerja lini karena harus melalui supervisornya. Tipe organisasi ini sesuai bagi organisasi besar yang daerah kerjanya luas.
2.      Organisasi panitia
Dalam tipe organisasi ini terdapat panitia yang bertugas menyelesaikan masalah-masalah yang dianggap cukup berat, seperti mengadakan perubahan jenis produk dan menilai program peningkatan laba. Pada perusahan kecil, biasanya hal semacam ini hanya diatasi oleh pimpinan dengan 1 atau 2 orang pembantu.
Macam Organisasi
    Organisasi Niaga
    Organisasi Niaga adalah organisasi yang tujuan utamanya mencari keuntungan
    Macam-macam Organisasi Niaga :
    - Perseroan Terbatas (PT)‏
    - Perseroan Komanditer (CV)‏
    - Firma (FA)‏
    - Koperasi
    - Join Ventura
    - Trus
    - Kontel
    - Holding Company
    Organisasi Sosial
    Organisasi Sosial adalah organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat
    Jalur pembentukan organisasi Kemasyarakatan :
    - Jalur Keagamaan
    - Jalur Profesi
    - Jalur Kepemudaan
    - Jalur Kemahasiswaan
    - Jalur Kepartaian & Kekaryaan
    Organisasi Regional & International
    - Organisasi Regional
    Organisasi Regional adalah organisasi yang luas wilayahnya meliputi beberapa negara tertentu saja.
    - Organisasi Internasional
    Organisasi Internasional adalah organisasi yang anggota-anggotanya meliputi negara di dunia.

Daftar pustaka : Wibowo,Singgih (2007). PEDOMAN mengelola perusahaan kecil.Cimanggis: Seri industri kecil.
http://books.google.co.id/books?id=6dTURhUGaHMC&pg=PA11&dq=tipe+organisasi&hl=id&sa=X&ei=fuCPUJD7EI-0rAfYqYCgDQ&ved=0CCgQ6AEwAA#v=onepage&q&f=false

Rabu, 10 Oktober 2012

TUGAS Struktur & Organisasi Data 1


Senin, 08 Oktober 2012

TEORI ORGANISASI UMUM


Pengertian Organisasi
Organisasi (Yunani: ὄργανον, organon - alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. 
Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan manajemen. Kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi (organizational studies), perilaku organisasi (organizational behaviour), atau analisis organisasi (organization analysis). 
Disini juga saya akan menjabarkan Organisasi menurut para ahli yaitu sebagai berikut.
  •  Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
  • James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan
    manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  • Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem
    aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  • Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat.

Manajemen dan Organisasi
Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti "seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal.
  • Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
  • Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
Organisasi, Manajemen, dan Tata Kerja
Tata Kerja atau metode adalah satu cara bagaimana sumber-sumber dan waktu yang tersedia dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin dan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan baik dan tepat pula. Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis. 
Beberapa fungsi Tata Kerja adalah:
  • Menghindari terjadinya pemborosan waktu yang tersedia
  • Menghindari hambatan dalam proses pencapaian tujuan
  • Menjamin adanya pembagian waktu kerja dan koordinasi yang tepat.
Manajemen menjelaskan bahwa harus ada proses kegiatan dan penggunaan sumber daya yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan. Kemudian tata Kerja menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilakukan sesuai dengan sumber daya yang tersedia.
Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa organisasi, manajemen, dan tata kerja berkaitan satu sama lain. Manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia. Untuk melaksanakannya diperlukan organisasi sebagai wadah atau alat untuk mencapai tujuan tersebut. Kemudian untuk mengetahui bagaimana kegiatan kerja sama tersebut sebaiknya dilakukan, dibutuhkan Tata Kerja atau metode untuk mencapainya dengan efisien dan tepat.



Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/10/manajemen-organisasi-dan-tata-kerja/