WELCOME

Selasa, 09 Juli 2013

Kuis 1 ( Materi Ruang lingkup ekonomi )



Materi Ruang lingkup ekonomi


  1.  Jelaskan tentang definisi dari ekonomi dan perekonomian (Minimal 3 definisi ) ?
  2.  Apa saja yang menjadi masalah pokok dalam ekonomi ?jelaskan !
  3. Bagaimana masalah pokok ekonomi dapat mempengaruhi mekanisme harga ?
  4. Apa yang dimaksud dengan system perekonomian ?
  5.  Jelakan system ekonomi yang berkembang saat ini ?
Jawab:
1.  Definisi dari ekonomi dan perekonomian 
  • Adam Smith. Adam Smith adalah seorang filsuf berkebangsaan Skotlandia. Teori ekonomi yang diartikannya adalah  laissez faire, yaitu teori ekonomi pasar bebas. Dan didalam bukunya Pengertian Ekonomui adalah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan negara. 
  • Abraham Maslow. Abraham Maslow merupakan seorang psikolog dari Amerika.  Selain itu beliau juga terkenal akan  pengertian ekonominya. Abraham Maslow membuat sebuah teori hierarchy of needs. Didalam teorinya ia menyimpulkan ada lima kebutuhan dasar manusia. 
  • Paul A. Samuelson. Paul A. Samuelson seorang ekonom dari Amerika yang mendapat penghargaan nobel dalam bidang ekonomi di tahun 1970. Ia juga telah memenangkan John Bates Clark Award pada tahun 1947 karena beliau menunjukkan karya yang brilian pada usiany ayang kurang dari 40 tahun. Didalam bukunya yang berjudul Foundations of Economic Analysis, beliau berpendapat pengertian ekonomi merupakan cara-cara yang dilakukan manusia dan memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas untuk memperoleh berbagai komoditi dan memdistribusikan untuk dikonsumsi oleh masyarakat. 
 2. Masalah pokok dalam ekonomi
  • Produksi, menyangkut masalah usaha atau kegiatan mencipta atau menambah kegunaan suatu benda.           
  • Konsumsi, menyangkut kegiatan menghabiskan atau mengurangi kegunaan suatu benda.
  • Distribusi, menyangkut kegiatan menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen.
3.  Masalah pokok ekonomi dapat mempengaruhi mekanisme harga ada 3 yaitu:
  • PRODUKSI, adalah segala tindakan yang ditunjukan untuk meningkatkan nilai guna / manfaat dari suatu barang.
  • DISTRIBUSI, adalah segala kegiatan yang ditunjukan untuk menyampaikan atau menyalurkan barang hasil produksi dari produsen hingga sampai ke tangan konsumen akhir/pemakai.
  • DISTRIBUSI, adalah segala kegiatan yang ditunjukan untuk menyampaikan atau menyalurkan barang hasil produksi dari produsen hingga sampai ke tangan konsumen akhir/pemakai.
4. System perekonomian ialah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrem tersebut. 

5. System ekonomi yang berkembang saat ini adalah Sistem Ekonomi Campuran, dimana setiap keunggulan dari Sistem Ekonomi Liberal dan Kapitalis digabungkan, dan kekurangan dari Sistem Ekonomi Liberal dan Kapitalis dibuang, seperti halnya menyaring. Ada juga yang menyebutnya Sistem Ekonomi Demokrasi, Sistem Ekonomi Pancasila, dll.

0 komentar: