WELCOME

Minggu, 16 Maret 2014

Perbedaan windows 8 dengan windows 8.1


Ukuran Tile
Ukuran tile Windows 8.1 jauh lebih fleksibel dan bervariasi daripada ukuran tile Windows 8. Di Windows 8.1 kamu bisa lebih mudah mengubah ukuran tile dengan memilih ukuran yang kamu inginkan. Lebih cantik, lebih fleksibel.

Group Tile
Tidak mudah untuk mengubah nama group tile di Windows 8. Kamu perlu melakukan setidaknya 4 langkah. Tetapi di Windows 8.1 mengubah nama group tile bisa dengan klik kanan salah satu tile di group tersebut dan mengisikan nama group. Lebih mudah, lebih cepat.

Personalisasi Start Screen
Mengubah warna dan background Start Screen Windows 8.1 bisa langsung dilakukan melalui Start Screen. Cukup klik kanan -> personalize, dan menu personalisasi bakal muncul. Hal ini berbeda dengan di Windows 8 yang harus melakukannya melalui PC Settings.

App List
Di Windows 8 untuk mengakses daftar aplikasi kamu harus melakukan klik kanan dan menekan tombol All Aps. Di Windows 8.1 tombol tersebut sudah disediakan di bawah Start Screen

Tombol Start
Taskbar Windows 8 tidak dilengkapi dengan tombol start, tetapi sebuah “tombol” akan muncul jika diarahkan ke pojok kiri desktop dan akan hilang begitu mouse diarahkan ke tempat lain. Hal ini berbeda dengan Windows 8.1 yang di taskbarnya dilengkapi dengan tombol start. Lokasinya sama seperti lokasi Start menu di Windows 7 atau versi Windows sebelumnya.

Menu Shutdown di Klik Kanan Tombol Start
Jika di pojok kiri taskbar Windows 8 di klik kanan, akan muncul beberapa menu. Tetapi di menu tersebut tidak ada menu shutdown atau sign out. Hal ini membuat proses mematikan Windows 8 cukup panjang karena harus dilakukan melalui Charm Bar. Tetapi di Windows 8.1 menu yang muncul saat tombol start di klik kanan dilengkapi dengan menu shutdown, sleep, sign out, dan restart, membuat proses mematikan PC menjadi lebih cepat.

Windows Store
Windows Store di Windows 8.1 telah dirombak total, baik secara tampilan maupun fitur. Tampilan barunya membuat kamu bisa lebih mudah mencari aplikasi yang kamu inginkan. Dengan adanya form pencarian di kanan atas, ditambah pengkategorian aplikasi, Windows Store di Windows 8.1 jauh lebih baik daripada Windows Store di Windows 8.

Calendar
Aplikasi Calendar juga mengalami perombakan desain. Calendar Windows 8 terlihat lebih rumit dan kompleks, sedangkan di Windows 8.1 hanya event penting saja yang ditampilkan di depan, sisanya bisa diakses melalui menu yang disediakan.

Help + Tips
Windows 8 banyak dikritik karena perubahan UI nya yang drastis sehingga membingungkan pengguna Windows. Mungkin itulah alasan ditambahkannya aplikasi Help + Tips di Windows 8.1. Aplikasi ini berisi tutorial dasar tentang cara penggunaan Windows 8.1

Itulah beberapa perbedaan antara Windows 8 dan Windows 8.1 yang terlihat dan berhasil ditemukan. Tentu saja masih ada banyak sekali perubahan lain yang tidak bisa dilihat, misalnya saja kestabilan sistem yang lebih baik, peningkatan security, dsb.

Referensi : http://winpoin.com/windows-8-vs-windows-8-1-review-esklusif/

0 komentar: