WELCOME

Jumat, 28 Maret 2014

Prediksi Tren IT yang Akan Berkembang di Tahun 2014

Teknologi IT berkembang semakin pesat setiap saat, di mana segala kemudahan mampu
didapat dengan ragam teknologi tersebut, baik bagi konsumen maupun pengusaha.
Perkembangan teknologi ini pun juga membuat semakin banyak pihak menuntut sesuatu yang lebih baik dari teknologi IT sebelumnya.

Dalam acara Media Outing bersama NetApp, Scott Morris selaku Vice President dan General Manager untuk NetApp ASEAN memaparkan lima hal yang diprediksi akan menjadi tren IT di tahun 2014 ini.




Pertama, infrastruktur terkonvergensi akan terus bertumbuh serta meningkat. Infrastruktur ini telah menjadi sebuah keunikan tersendiri dan menarik cukup banyak peminat, terutama mereka yang menginginkan sebuah infrastruktur data center yang mampu memberikan hasil dari bisnis yang maksimal. Tahun 2014 ini akan menjadi tahun di mana tren infrastruktur konvergensi ini akan terus bertumbuh, dengan para vendor mulai mengimplementasikan infrastruktur jenis ini guna meningkatkan proses bisnis yang lebih mudah dengan waktu implementasi yang singkat serta teruji performanya.

Hal kedua yang dikemukakan adalah mengenai interkonektivitas antar cloud, di mana cloud membutuhkan kombinasi dari cloud internal, eksternal, maupun hybrid. Saat ini tidak ada pendekatan all-in-one untuk cloud, virtualisasi, serta infrastruktur cloud. Dan diprediksi di tahun 2014 ini para vendor IT akan mulai memenuhi tantangan tersebut dengan mengembangkan aplikasi maupun tools yang mampu untuk memenuhi fleksibilitas dari konektivitas antar cloud tersebut.

Ketiga, tren mengenai Bring Your Own Devices (BYOD) yang sesungguhnya bukan merupakan hal yang baru. Tren BYOD ini sudah diperkenalkan sejak lama, tetapi di tahun 2014 ini diprediksi bahwa tren BYOD akan semakin berkembang. Terlebih karena pengguna mobile devices saat ini sudah semakin meningkat. Namun tentunya, untuk bisa memaksimalkan BYOD ini, pengguna membutuhkan keamanan maksimal ketika mengakses data personal maupun bisnis mereka, dan juga kemampuan untuk bisa memproses secara real-time kapan pun di mana pun.

Keempat adalah isu orang dan proses. Secanggih apapun teknologi IT yang berkembang saat ini, jika tidak dengan dukungan orang atau masyarakat yang mau mengambil bagian dari transformasi IT tersebut, maka pertumbuhannya pun akan cukup sulit. Oleh karena itu inovasi IT yang ada membutuhkan pelatihan untuk bisa memaksimalkan manfaat dari penggunaan teknologi. Kemudian yang terakhir adalah Managed Service di mana tren IT ini membuat para penyedia layanan cloud akan mulai berpindah ke arah managed service yang akan memberikan fleksibilitas serta utilitas yang lebih baik.

Referensi : http://www.jagatreview.com/2014/03/prediksi-tren-it-yang-akan-berkembang-di-tahun-2014/

0 komentar: