WELCOME

Jumat, 28 Maret 2014

Kucing Juga Bisa Sebarkan TB


London, TB alias tuberkulosis sejatinya memang penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri. Namun biasanya penyebaran dilakukan oleh penderita TB sendiri atau dari manusia ke manusia. Hanya saja baru-baru ini dikabarkan ada dua pasien yang tertular TB dari kucing rumahan.

Pihak Public Health England mengumumkan bahwa kedua kasus ini masih berkaitan dengan penemuan 9 kucing yang terinfeksi Mycobacterium bovis (salah satu strain TB yang menyerang hewan) di daerah Berkshire dan Hamphire, Inggris.

Dari 9 kucing yang terinfeksi TB, enam di antaranya meninggal dunia dan tiga lainnya masih dalam perawatan.

Kedua pasien ini ditemukan setelah PHE melakukan pengamatan pada orang-orang yang memiliki kontak dengan 9 kasus kucing yang terserang TB tadi.

Dari hasil analisis molekulernya juga meyakinkan bahwa sampel M. bovis yang diambil dari kucing yang terinfeksi TB cocok dengan strain TB yang ditemukan pada pasien manusia, dan hal ini mengindikasikan bahwa bakteri tersebut ditularkan oleh kucing yang terkena TB tadi.

Penularannya diduga bisa dari menghirup atau menelan bakteri yang menempel di tubuh hewan peliharaan dan luka terbuka yang terkontaminasi bakteri ketika menggendong kucing atau hewan peliharaan yang ternyata terkena TB.

"Penting untuk diingat bahwa ini (M. bovis) adalah klaster TB yang sangat tidak biasa pada kucing rumahan. Biasanya kebanyakan ditemukan pada hewan ternak. Ini adalah kasus penularan bakteri TB dari kucing ke manusia yang pertama ditemukan," terang Dr Dilys Morgan dari PHE seperti dikutip dari BBC, Jumat (28/3/2014). Terlebih lagi, peneliti dari PHE juga mengatakan bila risiko penyebaran M. bovis dari kucing ke manusia sangat rendah.

Pakar lain, Prof Noel Smith dari AHVLA pun mengungkapkan bahwa risiko penyebaran TB dari kontak langsung antara kucing dengan hewan ternak yang terinfeksi TB sendiri juga sangat kecil, bahkan hampir mungkin tidak terjadi, kecuali bila di alam bebas.

Selain kedua orang yang dinyatakan positif mengidap TB aktif dari kontak dengan kucing, PHE juga menemukan dua kasus TB akibat kontak yang sama, akan tetapi tuberkulosisnya tidak aktif. PHE menambahkan kedua pasien yang terinfeksi TB dari kucing rumahan masih berada dalam perawatan medis.

Referensi : http://health.detik.com/read/2014/03/28/190142/2540191/763/kucing-juga-bisa-sebarkan-tb-ini-buktinya

0 komentar: