WELCOME

Jumat, 24 Januari 2014

Anda Suka Berjalan Sambil Main Ponsel? Ini Dampaknya

Australia - Sekelompok peneliti melakukan riset mengenai dampak dari kebiasaan para pengguna ponsel yang sering membaca atau mengirim pesan sambil berjalan. Apa hasilnya?

Di mal, jalan raya, atau tempat keramaian lainnya tak jarang kita melihat pengguna ponsel yang asyik menatap gadget mereka sambil berjalan. Padahal hal ini ternyata bisa membahayakan.

Selain menjadi tidak waspada dengan keadaan sekitar, menatap ponsel sambil berjalan juga ternyata bisa menghilangkan keseimbangan seseorang. Hal ini coba dibuktikan dengan beberapa pengujian.

"Membaca SMS sambil berjalan akan menghilangkan keseimbangan saat berjalan. Ini bisa berbahaya bagi orang tersebut," kata Siobhan M. Schabrun, dari University of Queensland yang mengepalai riset tersebut.

Schabrun dan timnya melakukan riset dengan melibatkan 26 pengguna ponsel aktif dan semuanya sedang dalam keadaan sehat. Setiap orang diminta melakukan tugas yang berbeda-beda sambil berjalan sejauh 8,5 meter.

Ada yang diminta untuk menatap ponsel sesaat, ada juga yang membaca pesan di ponsel secara serius. Semua skenario dilakukan untuk mereplikasi keadaan sebenarnya yang sering dijumpai.

Dari situ terlihat bahwa orang yang menatap ponsel sambil berjalan tanpa sadar akan kehilangan arah. Perlahan tapi pasti arah berjalan mereka akan berbelok, dan ini akan berbahaya jika dilakukan di jalan raya.

Nah, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, para pengguna ponsel disarankan untuk tidak melakukan hal tersebut. Demikian yang dikutip detikINET dari CNN, Kamis (23/1/2014).

Referensi :
http://inet.detik.com/read/2014/01/23/163716/2476323/398/anda-suka-berjalan-sambil-main-ponsel-ini-dampaknya?i991102105

0 komentar: