WELCOME

Selasa, 17 Juni 2014

Lima 'Keajaiban' Punya Hewan Peliharaan Kesayangan


    Bagi banyak orang, memiliki hewan peliharaan memang menjadi kesenangan sendiri. Melihat tingkah hewan peliharaan yang menggemaskan terbukti dapat menghilangkah stress yang dialami setelah menjalani hari yang panjang dan melelahkan.

Gary A. Christenon, MD, kepala kantor medis di Boynton Health Service di University of Minnesota mengatakan alasan lain mengapa hewan peliharaan dapat memberikan efek kesehatan kepada para pemiliknya.

“Hewan peliharaan memberi dan menerima cinta tanpa pamrih , dan mereka akan selalu ada untuk Anda. Ada ikatan dan persahabatan yang membuat efek yang cukup besar pada kesehatan,” ungkapnya seperti dikutip Health.com.

Inilah penjelasan mengapa memiliki hewan peliharaan memiliki banyak efek positif lainnya untuk kesehatan, diantaranya:

Membantu hilangkan stres

Hanya dengan berada di ruangan yang sama tentunya dapat menimbulkan efek yang menenangkan. “Sebuah neurokimia yang kuat dan oktistosin akan dilepaskan ketika melihat hewan peliharaan mendampingi kita akan membawa perasaan bahagia,” ujar Rebecca A. Johnson, OhD, direktur Pusat Penelitian Hubungan Manusia dan Hewas di Fakultas Dokter Hewan di University of Missoury.

Hal itu ternyata pernah ia alami sendiri saat melihat seorang kakek tua yang ditinggal meninggal oleh sang istri. Kakek tua tua tersebut pun tak bisa keluar rumah tanpa istrinya sampai pada akhirnya ia diberikan seekor anjing. Alhasil, kurang dari seminggu, kakek tua tersebut sudah berani keluar rumah.

Mengurangi resiko penyakit kardiovascular

Asosiasi Jantung AS pada 2013 lalu melakukan studi yang meneliti efek dari kepemilikan hewan peliharaan dengan resiko penyakit kardiovaskular dan menyimpulkan bahwa memiliki hewan peliharaan yang berbulu, terutama anjing dapat dikaitkan dengan penurunan resiko dan meningkatkan kelangsungan hidup di antara pasien.

Meringankan rasa sakit penderita penyakit kronis

Memiliki hewan peliharaan yang berkeliaran di rumah dapat membantu mengalihkan perhatian dari rasa sakit dari penyakit kronis. “Menyayangi hewan peliharaan melepaskan endorfin (hormon yang membawa kebahagiaan, saat seperti jatuh cinta) dan ini merupakan penghilang rasa sakit yang ampuh,” ujar Johnson.

Meningkatkan hubungan

Orang-orang dewasa yang memiliki ikatan dengan hewan peliharaan mereka akan merasa lebih nyambung dengan hubungan yang mereka jalin dan juga komunitasnya, dibandingkan dengan orang-orang yang tak memiliki hewan peliharaan, seperti yang dipublikasikan oleh Journal of Applied Developmental Science.

Meningkatkan kepercayaan diri

“Hewan peliharaan tidak pernah menghakimi, tak punya agenda, dan mereka tak peduli dengan apa yang kamu suka dan bagaimana kamu berprilaku. Mereka mencintai tanpa pamrih dan itu akan meningkatkan kepercayaan diri seseorang,“ ujar Johnson.

“Kepercayaan diri dapat ditingkatkan dengan bagaimana hewan seperti anjing mencintaimu tanpa peduli hal apapun, dan dengan tingkat yang sama, kucing juga sangat mencintai pemiliknya,” lanjutnya.
Referensi : https://id.she.yahoo.com/lima-keajaiban-punya-hewan-peliharaan-kesayangan-093000055.html

0 komentar: