WELCOME

Kamis, 24 Juli 2014

10 Pulau Dengan Kenaekaragaman Hayati Menakjubkan

Terdapat pulau-pulau yang sangat menakjubkan, menyimpan dan melestarikan kekayaan alam serta keanekaragaman hayati yang sangat unik serta beragam mulai dari tanaman unik, hingga habitat hewan di darat dan di laut.

Pulau-pulau kekayaan bumi perlu dilestarikan oleh semua pihak, serta menjadi pesona alam bagi pengunjung yang berwisata. Berikut adalah 10 pulau dengan kekayaan keanekaragaman hayati yang tak tertandingi di seluruh dunia:

1. Borneo

Siapa tak kenal dengan pulau ini, Borneo adalah sebuah sebutan pulau yang meliputi kawasan kalimantan Indonesia hingga malaysia. Terutama bagian Indonesia yang begitu kaya dengan sumberdaya alamnya, termasuk hijaunya hutan.

Sebagai pulau terbesar ketiga di dunia, Borneo memiliki lahan yang sama dengan negara bagian Texas. Terbagi antara Malaysia, Indonesia dan kesultanan kecil Brunei, pulau ini memiliki lebih dari 200 spesies mamalia, 44 di antaranya adalah endemik (yang berarti mereka tidak ditemukan di tempat lain di dunia). Sekitar 6.000 spesies tanaman Borneo dari juga endemik. Yang paling mencolok adalah statistik keanekaragaman hayati berasal dari pohon dipterocarp hutan hujan Borneo: Lebih dari 1.000 spesies serangga dapat ditemukan di satu pohon.

2. Sumatera
Pulau di bagian barat Indonesia ini memiliki luas lebih dari 185.000 kilometer persegi. Meskipun menjadi rumah bagi lebih dari 50 juta orang, Sumatera menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dari satwa liar. Hutan pedalaman Sumatera adalah rumah bagi kombinasi langka dari beberapa spesies. Ini adalah satu-satunya tempat di bumi di mana harimau, badak, gajah dan orangutan hidup liar di ekosistem yang sama. Upaya konservasi Agresif bertujuan untuk melindungi spesies ini, terutama harimau sumatera yang endemik, yang jumlahnya diperkirakan kurang dari 400.

3. Madagaskar
Samudra Hindia memiliki pulau ternama Madagaskar. Pulau terbesar keempat di dunia, mendefinisikan keanekaragaman hayati tidak seperti pulau lainnya di bumi. Hampir tidak bisa dipercaya 90 persen dari tanaman yang hidup termasuk endemik. Beberapa gunung di dataran tinggi Malagasi adalah satu-satunya tempat di mana spesies tanaman tertentu tumbuh. Tentu saja, lemur adalah yang paling terkenal dan hanya ada di Madagaskar. Hingga 72 jenis spesies lemur dan subspesies hidup di pulau.

4. New Zealand
Selandia Baru terdiri dari dua daratan utama - Pulau Utara dan Pulau Selatan. Lanskap yang beragam berkat film "Lord of the Rings" menjadikannya begitu populer di dunia. Setiap ekosistem Selandia Baru penuh dengan spesies endemik. Semua kelelawar asli, reptil dan amfibi tidak ditemukan di tempat lain di Bumi, dan 90 persen dari ikan air tawar pun endemik. Sebuah contoh yang bagus dari alam Selandia Baru adalah populasi jamur nya. Kurang dari sepertiganya, perkiraan 20.000 jenis jamur di Selandia Baru bahkan telah dikategorikan.

5. Tasmania

Terletak di sebelah selatan daratan Australia, Tasmania adalah salah satu hotspot keanekaragaman hayati yang paling penting negaranya. Yang paling terkenal dari makhluk pulau ini adalah Tasmanian devil, dianggap sebaga marsupial karnivora di dunia yang masih bertahan. Di antara tanaman asli pulau itu, pinus Huon tumbuh sangat lambat, dan dapat hidup selama 3.000 tahun. Pandani merupakan endemik, pohon palm prasejarah yang tampak, mendominasi iklim subalpine basah Tasmania. Platipus, penguin, burung beo dan Quoll timur langka juga merupakan bagian dari populasi hewan pulau ini.

6. Palau
Negara Mikronesia pulau kecil ini hanya memiliki luas 170 mil persegi, kaya akan satwa liar baik di darat dan di air. Wilayah pesisir Palau memiliki konsentrasi tinggi di kehidupan laut, termasuk krustasea dan karang. Dugong, yang masih kerabat dari manatee, dapat ditemukan dalam jumlah besar di pesisir dangkal Palau. Gugusan pulau ini juga memiliki keanekaragaman yang besar ketika datang ke populasi ikan air tawar, termasuk empat spesies endemik. Di antara makhluk yang unik Palau adalah ubur-ubur stingless nya. Berenang di danau air asin yang terhubung ke laut hanya dengan terowongan dan gua-gua, makhluk ini telah kehilangan kemampuan mereka untuk menyengat karena mereka tidak memiliki predator alami.

7. Coiba
Terletak di lepas pantai Pasifik Panama, Coiba adalah sebuah pulau besar Amerika Tengah. Sejumlah subspesies telah berevolusi di sini dengan hampir tidak ada kontak dengan manusia. Monyet The Coiba howler adalah yang paling terkenal dari hewan-hewan endemik lainnya disini. Pulau satwa liar berkembang di sini untuk alasan yang sangat tidak biasa: Sampai 2004, sebuah penjara Panama terkenal beroperasi di Coiba. Karena itu, beberapa warga sipil yang pernah mengunjungi pulau, dan lebih dari 75 persen lahan masih ditutupi dengan hutan perawan. Salah satu terumbu karang terbesar di seluruh Pantai Pasifik dari Amerika berada di dekat Coiba juga. Lebih dari 700 spesies ikan telah tercatat di habitat lautnya.
 8. Geogia Selatan
Pulau-pulau Antartika adalah tempat terakhir, yang Anda harapkan untuk menemukan keanekaragaman hayati. Tapi penelitian telah mempelajari dengan saksama, Pulau Georgia Selatan dan terpencil telah ditemukan banyak keanekaragaman hayati di sini, seperti pada Galapagos yang terkenal. Sebuah survei menemukan 1.445 spesies laut yang hidup di perairan pantai Selatan Georgia. Makhluk aneh seperti cacing laut berenang bebas, icefish dan laba-laba laut tinggal di sini. Populasi penguin besar mendominasi pantai Georgia Selatan, sementara 90 persen dari anjing laut berbulu dunia menggunakan pulau sebagai habitatnya. Sekitar 1.500 spesies berada di perairan dingin dan tanah es dari Pulau Georgia Selatan.

9. Galapagos



Pulau Ekuador yang terkenal ini mengangkang khatulistiwa di Samudra Pasifik. Charles Darwin datang ke sini di tahun 1830-an dan kembali dengan bukti kuat untuk mendukung teori-teorinya tentang evolusi. Banyak hewan yang terinspirasi temuannya masih berkembang di sini. Iguana tanah Galapagos dan iguana laut yang unik dapat berburu di laut, kura-kura Galapagos, hewan terbang dan sejumlah besar kutilang merupakan hewan endemik. Selain itu tidak jarang untuk menemukan beberapa spesies yang menempati bagian kecil yang sama dari garis pantai.
 
10. Cuba
Isolasi politik dan ekonomi Kuba membuat relatif sedikit yang diketahui tentang satwa liar. Namun, sejumlah spesies berkembang dalam kombinasi unik di ekosistem pulau ini. Rawa Zapata adalah contoh yang bagus dari keanekaragaman hayati Kuba. Lahan basah terbesar di Karibia, Zapata adalah rumah bagi buaya Kuba. Selain predator reptil endemik ini, rawa memiliki kawanan flamingo indah, beberapa spesies burung endemik, dan ratusan tanaman unik dan serangga. Kuba secara keseluruhan memliki keanekaragaman geografis seperti; lahan basah, sabana pedalaman, pegunungan, daerah pesisir kering dan hutan hujan tropis. Hal tersebut telah menciptakan seperangkat unik ekosistem, masing-masing penuh dengan kehidupan endemik.
 Referensi : http://www.gomuda.com/2014/07/10-pulau-dengan-kenaekaragaman-hayati.html

0 komentar: