WELCOME

Minggu, 10 November 2013

Seberapa Penting Belajar Bahasa Asing?

Di dalam menggunakan bahasa kita sering melihat di televisi ataupun di media lainnya terdapat bahasa asing contohnya saja bahasa inggris, bahasa inggris menjadi bahasa global karena bisa menghubungkan komunikasi di mancanegara. Namun sangat disayangkan kemampuan berbahasa asing kebanyakan penduduk di lokal masih jauh di bawah rata-rata dan nampaknya terus menujukkan gejala menurun. Kurangnya kemampuan berbahasa asing inilah yang menimbulkan kesulitan tersendiri bagi tenaga kerja Indonesia yang akan bekerja atau bersekolah di luar negeri. Selain peran dari setiap intitusi/lembaga pendidikan akan “mencetak” lulusan yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, diperlukan juga dukungan dari setiap Pemerintah Kota (khususnya Dinas Pendidikan) agar upaya ini dapat berjalan dengan baik.

Metode pengajaran yang dapat diterapkan untuk mengajar bahasa asing dalam sebuah kelas dapat bermacam-macam, namun terkadang sulit untuk memilih mana yang terbaik untuk diterapkan bagi kelas tertentu. Misalnya, apakah seluruh siswa harus belajar bersama, dibagi dalam beberapa kelompok atau lebih baik mereka belajar sendiri. Bila kita bisa berbahasa asing tentunya kita juga lebih gampang dalam melamar pekerjaan dengan skill yang kita punya.

Sebagai bahasa pergaulan dunia adalah bahasa Inggris bukan hanya sebagai kebutuhan akademis karena penguasaannya hanya terbatas pada aspek pengetahuan bahasa melainkan sebagai media komunikasi global. Di dunia usaha yang makin mengglobal, semakin banyak perusahaan lokal Indonesia yang masuk ke pasar dunia, dan semakin banyak perusahaan internasional yang masuk ke pasar lokal, penggunaan bahasa Inggris yang menjadi bahasa ”bisnis” makin dirasakan sebagai suatu keharusan. Selain itu, terlihat dari kasus dimana seringkali negosiasi gagal karena salah paham dengan calon mitra asing, pekerjaan tertunda karena komunikasi yang terbata-bata dengan klien dari Negara lain atau lamaran kerja di sebuah perusahaan asing ditolak karena kemampuan berbahasa Inggris yang kurang dan kesempatan kerja sama dengan perusahaan kelas internasional batal akibat tidak bisa menyediakan tenaga kerja yang bisa berbahasa Inggris.

Jadi, bila kita tidak mempelajari bahasa asing minimal bahasa inggris maka kita tidak akan bisa bersaing dengan pergaulan dunia dan akan menjadi sangat terbelakang menjadikan kita susah mencari pekerjaan yang dinginkan.

0 komentar: